Kamis, 18 Februari 2016

APAPUN KERJAMU, HARUS PUNYA BISNIS





Nak, kalau kamu jadi guru, dosen atau jadi kyai. KAMU HARUS TETEP PUNYA USAHA, sampingan biar hati kamu nggak selalu berharap pemberian ataupun bayaran orang lain, karena usaha dari hasil keringatmu sendiri itu BAROKAH

KH. MAIMUN ZUBAIR




---------

Sesuai pernyataan diatas maka saya menarik 3 kesimpulan penting yang akan sangat berpengaruh pada hidup anda :

1. Apapun profesinya, anda harus punya bisnis.
Yah, apapun pekerjaan anda dan kepada siapapun anda selama ini bekerja, ataupun anda tidak bekerja sama sekali. Sebaiknya anda segera punya usaha/bisnis/investasi. Ingat Nabi dan junjungan kita kan? Beliau pernah jadi guru, pernah jadi pejabat, pernah jadi tentara dll. Namun RASULULLAH SAW hanya mencari uang dan nafkah melalui BISNIS. Ini demi keleluasaan dalam beramal dan menebar manfaat.

2. Apapun profesinya, Tidak boleh berharap pemberian dan bayaran dari orang lain.
Nah, anda ini khalifah fil ard. Masa khalifah minta-minta? Masa khalifah minta dibayarin? Apalagi jika khalifah minta fee dan sogokan.. Hehehe.. malu sama Allah yang sudah nyiptain kita sesempurna ini, Lebih mulia dari makhluk yg lain. Jangan suka minta, apalagi ngemis dan menggantungkan harapan kepada sesama. Jangankan yang miskin, mereka yang kaya atau punya jabatanpun masih sering ngemis, memegang lutut dan memelas dihadapan atasan dan penguasa. Belum punya banyak hal boleh-boleh saja, asal harga diri tetap dijaga. Kita bukan kacung, kita bukan budak, kita bukan pesuruh. Jangan rendahkan diri dihadapan sesama, cukup rendah hati saja. Caranya yah, harus punya kemandirian dan kebebasan finansial dan kebebasan waktu. Anda sering bilang kan, "Waktu adalah Uang", berarti gak punya waktu sama aja gak punya uang.

3. Bisnis sendiri itu Barokah
Iya bisnis memang mengundang dan mengandung banyak hal, termasuk barokah. Dalam hal berbisnis kita harus meraup keuntungan dan penghasilan sebesar-besarnya, boleh kikir dalam negosiasi tarif atau harga. Tapi kita harus pula murah hati dalam memberikan hasil usaha, membantu sesama dan jajan dijalanNya. Produksilah rezeki sebesar-besarnya, Distribusikan rezeki yang ada pada kita seluas-luasnya, konsumsi secukupnya.

Nah, yang paling penting dari ketiga itu adalah ACTION. Iya, tindakan dan upaya konkrit anda dalam memulai dan mengembangkan bisnis.

Salam,

Tidak ada komentar: